My's Corat-Coret

Selasa, 22 April 2014

Donat Jco *akhirnya empuk juga :D


Minggu lalu pernah buat donat kentang. Hasilnya aga keras, kayaknya sih kerna ngulennya kurang kalis.

Kali ini browsing nyari donat jco, banyak nemu resep yang sama, setelah ditelusuri dengan seksama sepertinya semua bersumber dari  NCC

Berikut resepnya

Bahan A:
225 gr tepung terigu cakra / komachi (aku pakai cakra - belum pernah liat dan pakai tepung komachi :P)
7 gr ragi instant (aku pakai 2sdm peres)
1/8 st garam halus (secuil aja :D)
150 ml air

Bahan B:
50 gr terigu cakra/komachi (aku pakai cakra)
30 gr gula pasir
15 gr susu bubuk full cream
30 gr mentega putih
1/2 butir telu, kocok lepas (dari 1 butir telur yang dikocok lepas lalu di bagi 2)

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan A jadi satu, aduk rata. Biarkan 90 menit diwadah tertutup. (aku tutup pake kain lap yang lembap)



setelah 90menit




2. Ambil bahan A yang sudah mengembang, campur dengan bahan B, uleni hingga elastis +/-10 menit (ali nguleni menggunakan mixer)


3.Tutup dan diamkan kembali selama 15 menit

setelah didiamkan 15 menit jadinya gini


4. Gilas adonan setebal 1 cm, diamkan 10 menit
5. Cetak dengan cetakan donat. Diamkan 10 menit

Berhubung belum punya cetakan donat, jadi setelah didiamkan 15 menit, aku timbang 10g (untuk sate donat) dan 30g untuk donat biasa. Setelah ditimbang, aku diemin 10menit, terus dirapi-rapikan untuk yg mini dan dibentuk bulat dengan bolong ditengah untuk donat yang biasa. Kemudian didiamkan lagi 10 menit sebelum digoreng

6. Panaskan minyak dengan api kecil saja. Goreng hingga matang

Taraaaaa.... akhirnya berhasil membuat donat yang empuk ga keras kayak batu wkwkwk.  Berikut penampakannya.


Oiya, untuk toping aku cuma pakai mentega + meses, +butiran warna warni (ga tau namanya), dan coklat batangan yang dilelehin, belum nyoba yang lain. Disini aku ada post aneka toping hasil ulik-ulik google, yang dimasa depan bakal dicobain heheh

Tidak ada komentar: