My's Corat-Coret

Sabtu, 26 Februari 2011

cara bahagia

Nemu artikel ini... bagus juga...
kalau mau baca aslinya klik disini

cara bahagia
Tahu nggak kalau kebahagiaan itu adalah pilihan? 50% yang menentukan kebahagiaan adalah gen, 10% kesempatan dalam hidup dan 40% ditentukan oleh sikap. Jadi kita bisa mengontrol seberapa positif perasaan kita. Berikut adalah strategi untuk bahagia, tergantung seberapa lama pilihan waktumu, semenit, satu jam atau seharian.

SATU MENIT

Duduk tegak. Orang cenderung merasa lebih percaya diri saat duduk lurus, dan bisa menyalurkan rasa percaya diri tersebut ke pikiran.

Berpikir cepat. Cara berpikir yang cepat bisa menghilangkan rasa sedih.

Segelas air. Dehidrasi bisa membuat kita cepat lelah dan air bisa mengembalikan level energi.

Palsukan. Tersenyum adalah cara untuk mengecoh otak agar berpikir semuanya baik-baik saja, walaupun sebenarnya tidak.

Berkaca dan pijat pipimu membentuk lingkaran dengan dua jari. Cara ini menstimulasi peredaran darah dan kamu bisa percaya diri dengan melihat cerahnya wajahmu.

Ganti kaset. Kalau kamu mendapati sedang mengatakan sesuatu yang negatif tentang diri sendiri, stop. Nggak bakal menolong siapapun untuk menjadi lebih baik.

Membagi rasa positif dengan orang lain. Saat teman kerja mencapai sebuah prestasi, beri pujian. Kalau potongan rambut teman terlihat bagus, katakan padanya. Kamu akan ikut merasa positif.

Makan kacang. Almond yang tinggi kalsium bisa mengurangi kegelisahan. Termasuk sumber selenium, yang merupakan mood booster natural. Kacang walnut juga mengandung asam lemak omega-3, yang bisa menjaga otak melawan depresi.



LIMA MENIT

Lipstik merah. Kamu nggak bisa jadi 'latar belakang' jika mengenakan lipstik merah. Membuat kamu terlihat cerah dan ceria.

Flirting. Bisa dengan kasir cute di Starbucks, teman Facebook... bahkan pasanganmu.

Deep squat 10 kali sehari. Metabolisme tubuh menjadi lancar dan mood membaik. Dalam dua minggu kamu akan melihat efeknya pada pantat dan paha.

Ngemil strawberry yang mengandung folat dan serotonin yang berkhasiat untuk melawan bad mood serta depresi.

Hilangkan kebiasaan. Misalnya ngemil donat, alkohol sepulang kerja... coba lewatkan selama seminggu. Hanya untuk membuktikan kalau kamu bisa.

Simpan rahasia. Saat mengalami hari yang buruk, pergi ke satu tempat dimana kamu bisa sendiri, misalnya ke toilet, dan joget-joget bagai orang mabuk. Rasa fun yang muncul karena melakukan sesuatu yang gila dan nggak normal serta rahasia bisa mengembalikan mood.

Bernapas. Cara bernapas yang benar membuat kita merasa aman dan tenang, dan penting untuk membakar lemak. Tutup matamu dan tarik napas, dan kembangkan perut, saat mengeluarkan napas, tarik perut ke dalam. Bayangkan warna favoritmu mengelilingi udara di sekitarmu dan teruskan menarik napas ke dalam paru-paru, dan memasukkan warna tersebut ke dalam tubuhmu.

Jangan mimpi menang undian. Menurut riset, kekayaan nggak membuatmu bahagia. Uang justru membawa lebih banyak masalah daripada memecahkan masalah.



SETENGAH JAM

Bersihkan permukaan. Meja berantakan mengingatkan akan hal yang harus dilakukan. Bisa membuatmu merasa gagal. Rapikan kertas-kertas, buku dan printilan lainnya dalam tumpukan masing-masing atau simpan di laci dan keranjang. Ilusi kerapihan bisa menenangkan pikiran.

Jangan mikir berlebihan. Kalau kamu mudah berpikir negatif dan terlalu banyak analisa, alihkan pikiranmu. Coba nonton DVD, atau lari. Dengarkan musik yang upbeat. Apapun lebih baik dibanding memikirkan apa yang salah hari ini.

Bicara bagaikan orang yang bahagia. Jangan deskripsikan hari yang sibuk dengan "stres", katakan saja "sibuk". Respon dengan antusias saat mendengar berita baik. Cari cara baru untuk menjelaskan sesuatu.

Nikmati lemak. Pastikan berasal dari alpukat, olive oil atau kacang. Menurut penelitian, pola makan yang kadar lemaknya sangat rendah bisa menimbulkan rasa gelisah, frustasi atau kemarahan.

Berkhayal. Tentang saat bahagia di masa lalu. Menurut riset, orang yang mengingat masa bahagia selama 30 menit bisa menaikkan kebahagiaan setelah satu minggu; semakin jelas memorinya, semakin besar efeknya.

Rencanakan waktu senang-senang. Download album baru, booking waktu pijat atau research untuk jalan-jalan saat weekend.


SATU JAM

Keluar. Sering-sering terkena sinar matahari, terutama di pagi hari, bisa tidur lebih nyenyak dan mood-nya membaik.

Pilates 100. Tidur telentang, angkat kaki sampai membentuk 45 derajat dari lantai, kemudian angkat kepala dan leher dengan sudut yang sama. Saat bertahan pada posisi ini, jaga agar tangan lurus di samping badan, telapak tangan menghadap ke bawah dan naik turunkan tangan sebanyak 100 kali (tarik napas dalam hitungan 5 kali naik turun dan buang napas dengan hitungan yang sama). Gerakan ini bisa membantumu mengurangi kadar kortisol atau hormon stres dan menaikkan hormon endorfin yang membuatmu merasa senang.

Download buku audio ke iPod, sehingga nggak bosan dan stres di perjalanan.

Update CV. Bisa jadi pekerjaan yang bikin stres saat kamu butuh cepat, tapi sangat memuaskan kalau lagi nggak urgent.

Jangan melakukan apapun. It's healthy! Buang setengah jam dari waktu senggangmu. Orang yang memilih untuk tidur siang dibanding main tennis mempunyai kesempatan lebih baik untuk hidup lebih lama.



SATU HARI

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bahagia, sehat dan energik. Ini yang disebut psikolog "penularan emosi". Artinya kita pasti terpengaruh oleh mood orang-orang yang ada di sekeliling kita.

Simpan pengalaman seksual terbaik. Bisa dengan dituliskan, agar membantu kamu mengingat. Fantasi seks membuat kamu bersemangat dan aliran darah pun menjadi lancar. Efeknya sama dengan berhubungan seks atau olahraga.

Rapikan lemari. Sumbangkan yang sudah lama nggak pernah kamu pakai. Berbuat baik selalu membuat hati senang. Dan lemari yang rapi bisa menghemat waktu dan tenaga saat memilih pakaian.

Lakukan sesuatu yang baru. Bisa les bahasa Mandarin atau Salsa. Lakukan aktifitas di luar zona nyaman. Sehingga saat kamu berkonsetrasi mempelajari hal tersebut, kamu menciptakan energi positif. Pilih sesuatu yang berbeda setiap tahun.

Tidak ada komentar: